YANG TERBAIK UNTUKMU PASTI UNTUKMU

Thursday, January 25, 2018

Refleksi 23 Tahun perjalanan hidup

Refleksi 23 Tahun Perjalanan Hidup

Sebuah proses melihat kembali pengalaman yang telah kujalani untuk dapat menarik lessons learned dan hikmah bagi diri sendiri kemudian dilanjut dengan menyusun action plan untuk mengurangi kesenjangan yang masih ada antara harapan dan kenyataan juga antara kelebihan dan kekurangan, yang untuk selanjutnya kusebut sebagai proses melihat hati. Sebagaimana hati ini yang rawan terbolak-balik, hanya dapat diteguhkan dengan iman dan tekad yang kuat. Walaupun keadaan hati ini rentan berubah, hendaknya aku harus berusaha menjaga dan merawat kebersihan hati ini dari penyakit yang sering atau akan merusaknya. Oleh karena itulah, bermuhasabah rasanya menjadi sangat penting agar dapat meningkatkan kualitas kehidupan ini sebagai sebuah upaya evaluasi diri terhadap kebaikan dan keburukan dalam setiap sendi-sendinya, baik hal tersebut adalah bersifat vertikal maupun hubungan horizontal.

23 Tahun perjalanan hidup ini kulewati bersama sejuta harapan dan usaha untuk mewujudkan kebaikan, namun tak jarang justru malah dihiasi noda-noda kelam. Sampai sejauh ini aku masih terus berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari hari ke hari. Disisi lainnya, terkadang aku masih sering lalai dalam menjalani semua ini. Keyakinan hidup ini semoga akan membawaku kepada ketetapan terbaikNya dan mampu menghindarkanku dari golongan pribadi yang merugi.
Diri ini sering dilemahkan oleh kilauan sesaat yang sepertinya begitu menjanjikan, juga tak jarang ditertawakan oleh mimpi diri sendiri yang terkadang terasa begitu mengasingkan. Tak hanya itu, aku sering tak berdaya dalam lamunan akan masa depan. Juga seringkali merasa malas terhadap keadaan, serta belum bisa seutuhnya mensyukuri segala bentuk kasih sayang yang Tuhan telah berikan. Namun itu bukanlah akhir, aku masih mempunyai kesempatan untuk mengubah semua itu menjadi energi tambahan untuk melangkah ke depan. Kemudian dapat kumanfaatkan sebagai sebuah pembelajaran.

Aku sangat bersyukur atas karunia dan nikmatNya yang telah dipercayakan kepadaku, mulai dari bekal kehidupan hingga beberapa kesempatan untuk tumbuh dan berkembang baik dari sudut pandang intern maupun ektern. Sangat berterima-kasih atas nikmat dibesarkan di lingkungan yang sangat layak untuk mengembangkan diri dan berkreasi.
Share:

0 comments:

Post a Comment

SESUNGGUHNYA YANG TERBAIK UNTUKMU PASTILAH UNTUKMU

About

AKU ADALAH DIRIKU DENGAN SEJUTA IMPIAN DAN HARAPAN BESARKU

Postingan Populer

Powered by Blogger.

hiburan

  • NOAH 6.903
  • NOAH AWAL SEMULA
  • Sang Pemimpi

Followers

NOAH

NOAH
logo NOAH